Sabtu, 19-06-2021,  

Home   Pengumuman  Foto  Video  Situs Terkait  Kritik & Saran  Kontak

  Ikuti kami di Selamat datang di website Balitbangda Kabupaten Balangan
 
  • gambar2
  • gambar2
0 1


Foto Kegiatan


Bank Data


Download Center


--Kembali--



LAPLIT PROGRAM PENILAIAN GURU

Dalam konteks pendidikan makna mutu banyak mengacu kepada beragam aspek, namun yang signifikan adalah mengacu pada proses dan hasil pendidikan. Dalam “proses pendidikan” yang bermutu terlibat berbagai input, seperti; bahan ajar (kognitif, afektif, atau psikomotorik), metode (bervariasi sesuai dengan kemampuan guru), sarana sekolah, dukungan administrasi, sarana-prasarana, dan sumber daya lainnya serta penciptaan suasana kondusif. Manajemen sekolah dukungan kelas berfungsi mensinergikan semua komponen input dalam interaksi (proses) belajar mengajar baik antara guru, peserta didikdan sarana pendukung di kelas maupun di luar kelas; baik konteks kurikuler maupun ekstrakurikuler, dalam lingkup substansi akademis maupun nonakademis dalam suasana yang mendukung proses pembelajaran (Sarbaini, 2008).

Antara proses dan hasil pendidikan yang bermutu saling berhubungan. Namun demikian agar proses yang baik itu, tidak salah arah, maka mutu dalam artian hasil (output) harus dirumuskan lebih dahulu oleh sekolah, dan harus jelas target yang akan dicapai, untuk setiap tahun, atau kurun waktu lainnya. Berbagai input dan proses harus selalu mengacu pada mutu-hasil (output) yang ingin dicapai. (Sarbaini, 2008). Di sinilah titik krusial dari keberhasilan untuk pencapaian mutu baik proses dan hasil, yaitu peningkatan kualitas proses pembelajaran dan kualitas sistem penilaian.Hal demikian sejalan  dengan  Djemari Mardapi (2003:8) yang mengemukakan



Download file pdf :